Jakarta, Cellular.ID – Dua perangkat Xiaomi yang termasuk dalam jajaran penjual ponsel cerdas global (Canalys Q4-2019), Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, kini memiliki penerus. Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro telah bermain di Indonesia sejak 9 Juni 2020.

Komunitas telah dapat memperoleh dua perangkat Redmi Note baru melalui mitra resmi perusahaan. Model Redmi Note 9 reguler ditawarkan dengan harga Rp2,5 juta (4/64) sementara varian "Pro" dijual dengan harga Rp3,9 juta (8/128).

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, berikut ini ulasan Cellular.ID tentang salah satu perangkat Redmi Note 9 Pro terbaru, yang oleh perusahaan disebut sebagai "Juara Tingkat Flagship".

Fitur utama

Di Indonesia, Redmi Note 9 Pro memiliki dua konfigurasi. Salah satunya adalah 6GB RAM dengan 64GB penyimpanan seharga Rp3,5 juta, dan varian tertinggi lainnya adalah 8GB RAM dengan 128GB penyimpanan dengan harga Rp3,9 juta.

Selain jumlah RAM dan penyimpanan, spesifikasi dan desainnya identik. Dengan harga kurang dari Rp4 juta, konsumen bisa mendapatkan perangkat yang dilengkapi dengan kamera quad AI 64MP, kamera selfie 16MP, chipset Snapdragon 720G, baterai 5.020mAh dengan pengisian cepat, dan layar FullHD 6,67 inci, dan jangan lupa NFC.

Desain

Sekilas, tidak ada konsep unik yang tercermin dalam desain Redmi Note 9 Pro. Namun jika diteliti lebih lanjut, ada lima bahasa desain baru. Mulai dari DotDisplay, desain simetris di panel belakang, sidik jari di samping, TUV Rheiland, dan perlindungan Gorilla Glass.

Sangat lega, rentang layar Redmi Note 9 Pro 6.67 inci dengan ketajaman layar FullHD + (2400 × 1080). Rasio layar-ke-tubuh mencapai 84,5% dengan rasio aspek 20: 9. Kamera selfie bertengger pada titik lubang hitam di tengah atas layar (perusahaan menyebutnya DotDisplay).

Semua panel depan dan belakang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Jadi kecelakaan kecil seperti jatuh dari meja, tidak boleh meretakkan layar atau menggores panel belakang Redmi Note 9 Pro.

Selain itu, perangkat ini juga telah diberkati dengan sertifikat TUV Rheiland, yang berarti bahwa pengguna akan tetap merasa nyaman untuk waktu yang lama di layar ponsel.

Sidik jari di Samping

Untuk pertama kalinya di seluruh baris Redmi Note, sensor Sidik Jari sekarang diletakkan di samping, tepat di tombol Power. Xiaomi mengintegrasikan tombol Sidik Jari dan Daya menjadi satu. Jadi, pengguna dapat menghidupkan ponsel sambil membuka kunci layar dari satu instrumen. Lebih aman dan halus, juga lebih alami. Jujur, kami sangat menyukai pembaruan desain ini. Sangat nyaman.

Perangkat Redmi Note 9 Pro yang kami miliki untuk ditinjau adalah Interstellar Grey, yang berwarna abu-abu gelap. Terlihat lebih berkelas dan bergaya. Bagi kaum hawa mungkin lebih menyukai warna Glacier White atau Tropical Green, warna yang sangat unik dengan dua kombinasi warna. Glossy di bagian atas, dan lebih gelap di bagian bawah. Cocok untuk tampilan.

64MP AI Quad Camera

Sama seperti di bagian desain, pengaturan kamera Redmi Note 9 Pro jika dilihat secara sekilas juga tidak jauh dari perangkat sebelumnya, Redmi Note 8 Pro. Namun, saat diteliti lebih dalam, sensor yang diusung kini lebih baik.

Masih dilengkapi dengan empat kamera, lensa utama 64MP sekarang memiliki sensor yang lebih besar, yaitu 1 / 1.72 "dengan aperture f / 1.89 dengan teknologi binning super pixel 1.6μm 4-in-1 Super Pixel.

Ukuran sensor setara dengan pengaturan kamera pada smartphone unggulan. Tembakan kamera jelas lebih tajam dan lebih cerah. Pengguna dapat memotong foto dan masih mendapatkan detail.

Lalu ada kamera ultra wide-angle 8MP dengan sudut 119 derajat, lebih lebar dari Redmi Note 9 (tanpa Pro) yang hanya 118 derajat. Dengan lensa ini, pengguna dapat mengambil gambar dari subjek yang sama pada sudut yang berbeda.

Untuk memotret subjek dari jarak dekat, Redmi Note 9 Pro dilengkapi dengan lensa makro 5MP dengan diafragma f / 2.4 dengan jarak fokus otomatis 2-10cm. Jumlah ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro yang hanya 2MP.

Akhirnya ada sensor kedalaman 2MP 1,75μm dengan bukaan f / 2.4. Sensor ini adalah satu-satunya tambahan baru untuk pengaturan kamera seri Redmi Note. Dengan tambahan ini, pengguna dapat mengambil foto Bokeh yang lebih cerah. Bahkan, pengguna dapat mengatur Bokeh mereka secara real time.

Terakhir, dan yang tidak kalah penting, adalah keberadaan Dual LED flash. Cahaya tambahan akan membuat foto tampak lebih cerah dan lebih alami. Selain itu, Redmi Note 9 Pro juga dilengkapi dengan fitur Mode Malam.

Selain memikat foto, pengguna juga dapat merekam video seperti sutradara, berkat fitur Potret Sinematik Baru. Dengan fitur ini, akan ada kotak hitam di layar yang muncul ketika pengguna memasuki mode perekaman video, menyajikan rasio aspek unik 2,39: 1, seperti bioskop.

Mode Pro

Pada acara peluncuran, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan Redmi Note 9 Pro ditujukan untuk pekerja profesional di industri kreatif, karena perangkat tersebut dilengkapi dengan Mode Pro untuk foto dan video. Apa pun?

Pertama-tama, ada fitur mode RAW, sehingga pengguna dapat lebih bebas mengedit foto. Tidak hanya fotografi, Pro Mode juga hinggap di menu video. Salah satu fitur Pro yang kami sukai adalah zoom video yang halus.

Dengan fitur ini, pengguna dapat merekam video sambil memperbesar dan memperkecil dengan lancar untuk membuat efek dramatis. Sangat mudah dan bermanfaat. Cobalah

Dalam merekam gambar bergerak, dua hal terpenting adalah Fokus dan Pencahayaan. Nah, Redmi Note 9 Pro, telah dilengkapi dengan fitur Autofocus Lock dan Autoexposure Lock, sehingga pengguna dapat memilih area yang ingin Anda fokuskan. Sangat berguna untuk merekam suasana bising seperti CFD.

Lalu ada Mode LOG, yang biasanya tersedia di kamera profesional. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan profil warna datar untuk mengeditnya nanti dari komputer. Tak ketinggalan, pengguna juga dapat merekam video 4K beresolusi tinggi.

Selfie

Untuk pertama kalinya, Xiaomi memperkenalkan selfie Slow motion atau disingkat slow-mo-fie, yang merupakan video selfie dalam gerakan lambat. Didukung dengan kamera 16MP dengan AI, fitur selfie pada Redmi Note 9 Pro termasuk potret AI, AI mempercantik, selfie Panorama, shutter shutter, dan Kaleidoskop.

Performa

Pertama di Indonesia, Xiaomi menggunakan chipset terbaru buatan Qualcomm di kelas 700-an. Redmi Note 9 Pro didukung oleh Snapdragon 720G dalam arsitektur 8nm, dengan kecepatan CPU hingga 2.3GHz dan dilengkapi dengan mesin AI Qualcomm generasi ke-5. Untuk grafis, Xiaomi menanamkan GPU Adreno 618 dengan kemampuan rendering yang lebih cepat untuk elite gaming.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kinerja CPU 720G meningkat 40% dan kinerja GPU naik 14%, dengan konsumsi daya yang rendah. Cocok untuk bermain game seluler.

Baterai

Dengan baterai 5.020mAh, Redmi Note 9 Pro dapat bertahan selama dua hari dalam penggunaan standar. Dan untuk pertama kalinya, pengisian daya cepat 30W kini dapat dinikmati oleh pengguna seri Redmi Note. Pengisian daya ponsel ini sangat cepat, bisa hingga 50% dalam pengisian kurang dari 30 menit.

Fitur Game: motor linear Z-axis

Sebagai juara tingkat unggulan, Redmi Note 9 Pro juga membawa perangkat keras dan perangkat lunak yang ditemukan di kapal andalan aktual perusahaan, Xiaomi Mi 10. Salah satunya adalah motor linear sumbu-Z.

Semua gamer akan senang mengetahui keberadaan fitur ini. Fitur premium ini akan memberikan umpan balik instan kepada pengguna saat bermain game di ponsel, membuatnya lebih akurat untuk mengetik, mengetuk, menyentuh, dan membuka kunci layar ponsel cerdas.

Saat bermain game online, sinyal WiFi sesekali mungkin tidak stabil. Nah, Redmi Note 9 Pro dilengkapi dengan WiFi 2 × 2 Mimo dengan banyak input dan output sehingga penangkapan sinyal dan jangkauan lebih baik.

NFC

Sama seperti Redmi Note 8 Pro yang beredar di Indonesia tahun lalu, Xiaomi kembali menghadirkan fitur NFC pada Redmi Note 9 Pro. NFC memudahkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti mengisi ulang uang elektronik.

Fitur lain dalam Redmi Note 9 Pro adalah pelapis Nano untuk melindungi perangkat jika tidak sengaja terkena percikan air.

Suara speaker juga ditingkatkan, Xiaomi mengklaim kualitas audio 30% lebih keras dan 80% lebih banyak bass. Juga masih ada jack headphone, dan blaster IR jarak jauh, dan slot SIM 2 + 1 untuk kartu memori.

Kesimpulan

Ya, Redmi Note 9 Pro memiliki hampir semua fitur dan perangkat keras yang biasanya tertanam di ponsel andalannya. Mulai dari kamera quad AI 64MP, FHD + DotDisplay layar lebar 6,67 inci, baterai raksasa dengan 30W pengisian cepat. Semua Gorilla Glass 5 terlindungi di depan dan kamera. CPU Snapdragon 720G dengan GPU Adreno 618 mengkombinasikan WiFi 2 × 2 Mimo untuk pengalaman bermain game yang lebih baik. Dan jangan lupa, NFC.

Dengan spesifikasi di atas rata-rata smartphone kelas menengah tetapi ditawarkan dengan harga murah, tampaknya kita harus setuju jika perusahaan menyebut Redmi Note 9 Pro sebagai juara smartphone tingkat unggulan.

Harga

RAM 6GB dengan penyimpanan internal 64GB dijual seharga Rp3.499.000 sedangkan varian RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB dijual seharga Rp3.899.000.

Posting Tinjau Redmi Note 9 Pro: Level flagship muncul pertama kali di Cellular.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here