Jakarta, Cellular.ID – China Mobile bersama Huawei mengumumkan keberhasilannya menghadirkan konektivitas jaringan 5G melalui pembangunan BTS 5G di ketinggian 6.500 meter di Pegunungan Everest.

Seiring dengan ini Huawei juga mengumumkan keberhasilannya dalam mendukung China Mobile dalam mengoperasikan jaringan dual Gigabit di Everest dengan meluncurkan jaringan serat optik Gigabit di lokasi yang sama tingginya.

Pengembangan konektivitas 5G di Everest bertepatan dengan peringatan 60 tahun keberhasilan mendaki ke puncak gunung dari sisi utara, sementara menandai tahun ke-45 keberhasilan Cina yang secara resmi mengukur jangkauan gunung secara akurat.

Pengembangan teknologi jaringan 5G di Pegunungan Everest diharapkan dapat mendukung pengiriman layanan komunikasi untuk mendukung proses pengukuran kembali wilayah pegunungan ini dengan akurasi pengukuran yang lebih baik.

Huawei menawarkan solusi ujung-ke-ujungnya untuk mendukung pengembangan jaringan dual Gigabit oleh China Mobile di sejumlah titik, termasuk Mount Base Base Camp pada 5.300 meter, Camp Transition pada 5.800 meter, dan Forward Camp pada 6.500 meter.

Sementara itu, kegiatan pemeliharaan dan optimalisasi jaringan dilakukan oleh sejumlah pihak yang berspesialisasi dalam bidang jaringan yang akan berlokasi di kawasan pada ketinggian 5.300 meter atau lebih selama 24 jam dan 7 hari seminggu, untuk memastikan kelancaran jaringan operasi.

Untuk proyek ini, jaringan dalam mode "stand alone plus non-stand alone" (SA + NSA) terhubung ke lima BTS. Huawei mengandalkan teknologi Massive MIMO mereka untuk mencapai kualitas konektivitas 5G berkecepatan tinggi dengan bandwidth lebar.

MIMO Masif memiliki balok sempit tiga dimensi yang sangat fleksibel. Teknologi ini cocok untuk digunakan di area vertikal seperti di Everest.

Dengan ini, bahkan pada ketinggian 5.300 meter, kecepatan unduh 5G dapat melampaui 1,66 Gbps, dengan kecepatan unggah mencapai 215 Mbps.

Selain itu, Huawei juga mengadakan solusi teknologi Intelligent OptiX Network untuk memastikan keberadaan kualitas jaringan yang mulus untuk mendukung kebutuhan transfer video resolusi tinggi yang kaya data, siaran VR langsung yang didukung oleh gateway perusahaan dengan koneksi hulu / hilir mencapai 1Gbps.

Jaringan dapat mencapai hingga semua lokasi base camp di ketinggian 5.300 meter dengan kecepatan log 1,43Gbps berkat Gigabit ONT.

Sementara itu, platform Huawei 10G PON OLT dan 200G untuk transmisi berkecepatan tinggi mampu mengelola throughput data secara cerdas, sehingga mendukung keberadaan akses internet super cepat dalam kondisi geografis yang ekstrem ini.

Sistem pengawasan video cerdas Huawei HoloSens yang dipasang di lokasi ini juga menjamin layanan streaming berkualitas tinggi dengan kemampuan untuk mengoptimalkan dan menemukan lokasi yang mengalami kesalahan hanya dalam satu klik.

Dengan penerapan teknologi ini, kualitas jaringan lebih merata, meskipun ditempatkan di puncak Pegunungan Everest yang berada pada posisi 6.500 meter di atas permukaan laut.

Pos Huawei dan China Mobile menghadirkan teknologi 5G di puncak Everest muncul pertama kali di Cellular.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here