Jakarta, Cellular.ID – Sebagai chipset premium Qualcomm, Snapdragon 865 mendukung 3 fungsi utama smartphone, yaitu kamera, game, dan Artificial Intelegent (AI). Keunggulan ini dijelaskan langsung oleh Dominikus Susanto sebagai Pengembangan Bisnis Qualcomm.

Menurut Susanto, ketiga fungsi tersebut juga menjadi pembeda untuk Snapdragon 865 dibandingkan dengan versi chipset lainnya.

"Kamera, Gaming, AI, adalah hal-hal yang menjadi pembeda utama Snapdragon 865," katanya, melalui konferensi langsung, Kamis (9/4).

Perwakilan Quacomm juga menjelaskan setiap baris. Pertama, di sisi kamera, Snapdragon 865 memiliki Qualcomm Spectra 480 CV-ISP. Otak membantu pemrosesan gambar menjadi lebih efisien dan lebih cepat berkat 4 piksel per Clock Cycle. Juga mengurangi noise saat memotret dengan situasi cahaya rendah.

ISP juga membantu penghematan daya hingga 16 persen disertai dengan peningkatan tekstur dan detail sensor 18 persen. Warna yang dihasilkan juga HDR 10 Bit yang menawarkan hingga 1 miliar warna.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix Alpha Gunakan Snapdragon 865 Chipset

Kedua, fungsi permainan yang didukung oleh GPU Andreno 650. Menurut Susanto, otak permainan adalah Qualcomm yang paling canggih saat ini.

"Qualcomm adalah Adreno 650 tertinggi, dalam hal secara keseluruhan meningkat 25 persen. Namun, konsumsi daya rendah hingga 35 persen, "katanya.

Menariknya, Adreno 650 memiliki fitur Deskstop Forward Rendering. Fitur ini mendukung pemrosesan game dengan hasil realistis pada smartphone.

"Ini adalah metode jamak yang digunakan untuk menghasilkan game yang realistis, semuanya dapat ditampilkan oleh Adreno 680 ini," jelas Susanto.

Selain itu, Adreno 650 memiliki kecepatan refresh hingga 144Hz, yang mampu menampilkan objek bergerak dalam game menjadi lebih mulus tanpa berkedip.

Baca juga: Smartphone Top 10 AnTuTu, Oppo Find X2 Pro Top March 2020

Sementara itu, terkait AI telah mencapai generasi ke-5. Dengan demikian, kemampuan AI pada Snapdragon 865 meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan Snapdragon 855. Misalnya, kemampuan menganalisis objek seperti makanan, lingkungan, dan lain-lain. Dalam satu proses AI, Snapdragon 865 akan dapat mencapai 15 Triliun operasi persesi (puncak).

Selain itu, ada blok baru, hub penginderaan, yang dapat digunakan untuk kamera smartphone untuk selalu hidup hanya dengan daya di bawah 1mu dan mikrofon yang selalu menyala.

Tujuannya adalah untuk kamera berdaya rendah (memfasilitasi transaksi menggunakan pembayaran digital, konteks (dapat digunakan untuk membantu orang tua dalam mengasuh anak dan dapat secara otomatis memutar lagu untuk aplikasi monitor bayi), keamanan (untuk membuka smartphone menggunakan analisis kamera), kesehatan & kebugaran, keamanan.

Sebagai informasi, keberadaan chipset Snapdragon 865 5G di Indonesia hanya ada di smartphone Flagship Oppo, Find X2 Series. Jangan mengesampingkan kemungkinan di masa depan, akan ada smartphone lain yang akan mengikuti untuk membawa prosesor Qualcomm.

Posting ini: 3 Keuntungan Utama dari Qualcomm Snapdragon 865 Chipset muncul pertama kali di Seluler. INDO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here